Breaking News

Berita

Gosip

Celeb

Sunday, September 7, 2014

Nama Indonesia Jadi Jelek Karena ?

Sebagai warga Indonesia, seharusnya patut bangga berkat sejumlah film produksi manca negara yang mencantumkan nama negara kita untuk setting atau pun asal tokohnya. Sayang, disengaja atau tidak, sejumlah film memasukan nama tokoh atau detail tentang Indonesia dengan cara yang tidak tepat. Nama Indonesia pun kena imbasnya.


Setengah fakta, dan setengahnya lagi dilebih-lebihkan. Selama di film, setiap orang bebas melaksanakan apa pun bukan? Terlebih yang membuat adalah sineas luar yang bisa saja belum mengenal dekat negara kita (indonesia) tercinta ini.

Bagaimanakah adegan-adegan yang membuat nama Indonesia jadi jelek ? Yuk Simak daftarnya seperti kami rangkum dari situs kapanlagi.com ini.

1. FILM LOOKING FOR JACKIE CHAN 

JACKIE CHAN, FILM, LOOKING FOR JACKIE CHAN

Film Looking For Jackie Chanini menceritakan perihal seseorang yang melacak Jackie Chan. Lebih tepatnya ada anak yang sangat menggilai aktor tersebut hingga dirinya ia berniat untuk bertemu dengan sang idolanya tersebut.

Sang anak, rupanya ialah anak Indonesia keturunan China. Selaku warga Indonesia, tentunya kita besar hati ada tokoh asal Indonesia yang di guanakan di dalam sebuah film produksi asing. Sayangnya, anak Indonesia yang diceritakan tersebut memiliki sifat yang tidak patut untuk ditiru. Anak tersebut senang sekali melanggar aturan dan juga di antaranya saat menerobos satpam & lari dari rumah (pergi ke rumah neneknya di Beijing).

Sontak hal tersebut akan membuat siapa pun yang menontonnya merasa bahwa anak Indonesia pastilah nakal dan susah diatur.

2. FILM IN THE GOD'S HAND
FILM, GOD'S HAND, IN THE GOD'S HAND

Film in The God's hand ini adalah film tentang sekelompok peselancar yang bertualang dari Hawaii lantas ke salah satu tempat eksotis di Indonesia, Bali. Film drama satu ini tentunya menyertakan panorama Bali sebagai salah satu background ceritanya.

Sayangnya, dalam ceritanya dikisahkan para peselancar muda dari Amerika yang tersebut harus berurusan dengan polisi Indonesia. Alih-alih ditahan untuk diberi sanksi, mereka bisa lolos karena bersalaman dengan menempelkan uang ke tangan polisi. Loloslah mereka dari jeratan hukum.

Pedih menyaksikan adegan tersebut, tapi harus diakui hal tersebut masih banyak terjadi di tanah air.

3. FILM LETHAL WEAPON 4 
FILM, LETHAL WEAPON, FILM LETHAL WEAPON 4

Dalam Film Lethal Weapon 4 ini, salah satu adegannya, tokoh dalam cerita (Danny Glover) memaki-maki dengan mimik khasnya, “Kapal bodoh ini dibuat oleh seorang yang berasal dari Indonesia”.

Kalimat yang eksplisit tersebut tentunya tak perlu ditebak ke mana arah tujuannya. Ya. ia benar-benar menghina pembuat kapal asal Indonesia. Dalam cerita dikisahkan imigran China yang diselundupkan menggunakan kapal yang diatasnamakan sebuah perusahaan di Indonesia (meski fiktif). Coba deh perhatikan waktu Mel Gibson dan kawan-kawan sedang mengobrol di markas sebelum menyerbu kapal.

Meski perusahaan Indonesia tersebut hanya fiktif belaka, mau tak mau Indonesia digambarkan sebagai negara yang selalu bikin kacau dalam film ini.

4. FILM THE YEAR OF LIVING DANGEROUSLY
FILM, THE YEAR OF LIVING DANGEROUSLY

Film The Year Of Living Dangerously berkisah tentang seorang wartawan yang dikirim untuk bertugas di Jakarta pada tahun 1965-1966. Saat itu, Indonesia yang dipimpin oleh Presiden Soekarno sedang mengalami krisis politik dan ekonomi.Tak heran, situasi Jakarta digambarkan sangat kacau, lengkap dengan embel-embel penduduk yang merana karena kelaparan.

Dimeriahkan oleh akting dari Mel Gibson dan Sigourney Weaver. Syutingnya sendiri dilaksanakan di Bangkok, karena saat itu tidak diizinkan untuk syuting di Jakarta. Akibatnya harus ada beberapa dialog Bahasa Indonesia yang diucapkan oleh orang Bangkok, hasilnya ucapannya terdengar aneh di telinga.

Adegan yang paling terkenal adalah ketika rekan Mel Gibson, Billy Kwan menggantung spanduk di Hotel Indonesia (ceritanya) dengan tulisan SOEKARNO FEED YOUR PEOPLE. Secara eksplisit film ini menggambarkan bahwa Indonesia adalah negara yang penuh konflik.

5. FILM SILENCE OF THE LAMBS
FILM, SILENCE OF THE LAMBS

Dalam film Silence Of The Lambs ini yang thriller psikologi yang dibintangi Jodie Foster ini ada adegan di mana di sweater orang yang diculik kanibal itu tertulis “MADE IN INDONESIA”. Entah positif atau negatif, tapi yang jelas Indonesia sudah sebagai sudah dipandang sebagai negara asal penculik sekaligus penghasil tekstil.

Film ini sendiri berhasil meraih Oscar di kategori Film Terbaik. Paling tidak, ada sedikit rasa bangga karena dalam film sekelas Oscar, nama Indonesia disebut.


No comments:

Post a Comment

Silakan berkomentar di bawah ini dengan mengunakan bahasa yang sopan dan santun

Designed By VungTauZ.Com